Jenis Kebakaran dan Cara Menanganinya

Banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa kebakaran biasanya digolongkan dalam beberapa jenis atau kategori, dan penanganan kebakaran harus disesuaikan dengan jenis kebakaran tersebut.

Berikut jenis kebakaran :

1. Kebakaran kelas A, alat pemadam api kelas A adalah jenis pemadam kebakaran dari bahan umum yang mudah terbakar seperti kayu, pakaian, kertas dan bahan sejenisnya.

2. Kebakaran kelas B, alat pemadam api kelas B adalah jenis alat pemadam kebakaran dari bahan cairan yang mudah terbakar seperti oli, lemak, gas, minyak dan bahan sejenis.

3. Kebakaran kelas C, Alat pemadam api kelas C adalah jenis alat pemadam kebakaran dari listrik, seperti akibat korsleting termasuk kebakaran pada alat - alat listrik seperti di ruangan server maupun industry.

4. Kebakaran kelas D, Alat pemadam api kelas D adalah jenis alat pemadam kebakaran dari bahan logam seperti aluminimum, sodium, titanium, seng dan bahan sejenis lainnya.

Tips untuk memadamkan api :

- Metode penguraian yaitu cara memadamkan api dengan memisahkan atau menjauhkan bahan atau benda - benda yang bisa terbakar.

- Metode pendinginan yaitu cara memadamkan api dengan menurunkan panas atau suhu. Metode pendinginan ini dominan menggunakan air untuk menurunkan panas dengan jalan menyemprotkan air langsung ke titik api.

- Metode lokalisasi / isolasi yaitu cara pemadaman kebakaran dengan mengurangi kadar prosentase oksigen pada benda - benda yang terbakar.

FacebookTwitterGoogle+Share